Uncategorized

Cara Servis Kompresor Kulkas

Alat elektronik yang rusak perlu penanganan yang tepat serta cara yang benar dalam merawatnya. Bagaimana jika kompresor kulkas rusak? Artikel dari jasa service AC Jakarta ini akan menjelaskan cara servis kompresor kulkas.

Cara servis kompresor kulkas secara mudah perlu Anda ketahui terlebih jika memiliki alat elektronik yang satu ini. Kulkas merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang sifatnya sudah seperti kebutuhan primer.

Dengan kulkas, menjaga kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan akan lebih mudah. Oleh karena itu, jika kompresor kulkas rusak Anda perlu tahu cara untuk memperbaikinya.

Kompresor adalah salah satu komponen dalam kulkas yang mempengaruhi kinerjanya. Apabila kompresor rusak, akan terganggu pula seluruh pekerjaan kulkas. Di bawah ini akan diulas mengenai bagaimana cara menservis kompresor kulkas.

Cara servis kompresor kulkas

Kompresor kulkas memiliki masalah utama yang sering terjadi, yaitu macet dan menjadi tidak berfungsi. Namun, jangan khawatir. Ada cara untuk membersihkannya dan memperbaiki kinerja kompresor kulkas.

  1. Pasang kapasitor tambahan

Jika kompresor macet, cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memasang kapasitor tambahan. Pasang kapasitor ini pada aliran listrik agar lajunya kembali normal. Alirkan hanya satu hingga dua detik saja, lalu kembalikan seperti keadaan normal agar kapasitor kembali bekerja.

  1. Memberikan tegangan listrik lebih tinggi

Cara yang kedua yaitu dengan memberikan tegangan listrik yang lebih tinggi pada kompresor. Jika kapasitasnya 200 volt, Anda bisa menaikkannya menjadi sedikit lebih tinggi seperti 250 volt selama beberapa detik saja.

  1. Menambal dinding silinder

Biasanya, kompresor tidak berfungsi karena dinding silindernya sudah terkikis. Hal ini akan menyebabkan kinerja kompresor menjadi berkurang dan daya tekan kompresor melemah. Anda bisa menambal dinding silinder agar kompresor bisa kembali bekerja dengan normal.

Jika ketiga cara di atas tidak berfungsi, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu pergi ke tempat servis kulkas yang professional. Dan usaha terakhir, Anda mungkin perlu mengganti kompresor Anda dengan yang baru agar dapat berfungsi lebih baik.

Demikianlah ulasan mengenai cara servis kompresor kulkas secara sederhana. Semoga artikel ini membantu Anda, ya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *