Bisnis,Uncategorized

Tips Ampuh Agar Sukses Berbisnis Online

Tiap pebisnis pastinya mau usahanya dapat sukses. Tetapi untuk bisa mencapai kesuksesan itu pasti memerlukan metode serta strategi tertentu. Nah apa saja strategi tersebut? Ayo sama-sama ikuti uraian dibawah ini.

Tips ampuh agar sukses berbisnis online antara lain:

1. Bisnis kamu harus unik serta memiliki karakteristik yang khas.

Bisnis yang unik tentu bakal selalu di cari oleh para konsumen. Terlebih bila bisnis kamu itu memiliki karakteristik yang khas dan tidak di miliki oleh para pesaing kamu.

Bagaimanakah contoh bisnis yang unik serta memiliki karakteristik khas itu?

Misalnya kamu jualan online produk kuliner. Maka tonjolkanlah keunikan ptoduk kamu dari segi kemasannya, ragam menunya, hingga keunikan dari sisi konsepnya.

Keunikan dari sisi konsep ini seperti kategori kuliner yang segmentasinya khusus untuk acara tertentu. Contoh; membuka usaha katering untuk acara hajatan, sunatan, bikin kue ulang tahun, dll. Dari karakteristik khasnya, maka dapat kamu tonjolkan dari segi pelayanan yang ramah dan fast respon.

2. Menetapkan konsep bisnis kamu.

Tips danĀ cara sukses jualan online ini masih terkaitan dengan poin no 1 di atas.

Jadi konsep bisnis ini beragam modelnya. Contohnya seperti konsep yang khusus untuk anak muda, kalangan dewasa, dan yang konsepnya standar saja (alias segmentasinya cocok untuk semua orang).

Konsep ini dapat berupa metode pelayanan, teknik merancang kemasan produk, dll. Bila segmentasi pasar usaha kamu lebih ke arah anak muda, maka rancanglah style dan kemasan produk yang lebih santai atau gaul (ala kawula muda). Sebaliknya apabila tipe produk kamu bersifat formal, maka sesuaikanlah konsepnya ke arah yang lebih serius.

3. Menganalisa seberapa besar peluang margin (keuntungan) yang akan didapatkan.

Dalam berbisnis online, menganalisa keuntungan ini termasuk salah satu faktor penting. Lakukanlah survey ke marketplace terpopuler yang ada di Indonesia. Kemudian lihat kategori produk apa saja yang banyak dijual orang. Jangan lupa survey dan perhatikan juga jenis produk apa saja yang pasarannya sudah jatuh harga.

Analisa ini tujuannya agar kamu mampu memilah produk apa yang paling tepat untuk dijual di toko onlinemu. Jadi jangan sampai menjual produki yang harga pasarannya telah jatuh, karena itu hanya akan buang-buang waktumu saja.

Kenapa begitu?

Coba kamu fikir,,, bila suatu produk hanya bisa di ambil margin 5% saja, apa yang dapat kamu harapkan dari keuntungan yang cuma seupil itu?

Daripada kamu buang- buang waktu menjual produk semacam itu, lebih baik kamu cari tipe produk yang unik serta belum banyak dijual orang. Bila produknya unik /belum banyak yang jual, kamu akan dapat menjual dengan margin yang terbilang besar. Paling tidak, kamu dapat menetapkan margin sebesar 25%. Dan produkmu itu tetap berpeluang laku terjual, sebab belum banyak sainganmu pada produk tersebut.

4. Paham kebutuhan konsumen/pelanggan kamu.

Pelanggan/konsumen akan tetap setia berbelanja ke toko online kamu, jika produk yang kamu jual lengkap dan selalu tersedia.

Oleh sebab itu, selalu catat produk yang ditanyakan oleh calon pembeli, tetapi di toko online kamu belum tersedia produk tersebut. Mintalah waktu kepada pelanggan tersebut, agar supaya kamu dapat mencarikan produk yang di inginkannya tersebut.

Sesudah kamu berbelanja stok produk dan pesanan konsumen itu sukses kamu temukan, lekas beritahukan kepada pelanggan kamu tersebut. Namun jika belum mendapatkan produk tersebut, juga lekas beritahu kepada pelanggan kamu itu. Kemudian ucapkan permintaan maaf, sebab belum bisa mendapatkan produk pesanan tersebut.

Yakinlah, walaupun kamu belum berhasil mencarikan produk pelanggan kamu itu, tetapi karna pelayanan kamu yang luar biasa itu, pelanggan pasti tetap menghargai usaha kamu. Nah di sinilah kunci kesuksesan usaha kamu.

5. Pelayanan serta kepuasan konsumen merupakan prioritas utama.

Bagian ini juga masih terkait dengan poin no 4 diatas.

Upayakan packing kemasan produk kamu kuat dan aman. Jangan sampai barang rusak pada saat pengiriman karena diakibatkan oleh packing yang tidak kuat. Sehingga keburu babak belur ketika produk masih berada di bagian ekspedisi.

Tentu kamu tahu, bahwa ada sebagian oknum ekspedisi yang kasar ketika memperlakukan produk kirimannya. Umumnya, acapkali ini berlangsung di bagian gudang. Terkadang oknum karyawan ekspedisi itu main banting aja produk kiriman orang. Nah bila packing produk kamu sangat kokoh dan rapi, resiko di bagian gudang ekspedisi ini lebih bisa diminimalisir.

Demikianlah artikel singkat tentang cara ampuh berbisnis online. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *