Lainnya,Uncategorized

Ukuran lapangan sepak bola yang sesuai Standar FIFA

Sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak digemari di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan perputaran uang di olahraga yang satu ini cukup luar biasa.

Banyak dari pemain sepak bola yang memiliki penghasilan sangat fantastis, sebut saja Mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo yang memiliki penghasilan perbulan hingga 40 miliar.

Selain di dunia, di Indonesia sendiri sepakbola juga menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Permainan sepak bola dianggap sangat merakyat karena selain mudah dimainkan juga bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Lapangan yang digunakan untuk bermain sepak bola juga tidak harus bagus atau luas, karena halaman rumah bisa saja digunakan untuk bermain sepak bola terutama bagi anak-anak.

Olahraga yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan terutama untuk menurunkan berat badan. Sehingga ada banyak alasan bagi anda untuk rutin bermain sepak bola.

Nah bagi anda penggemar olahraga si kulit bundar ini tidak ada salahnya mengetahui seluk beluk dari olahraga yang satu ini. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah ukuran pasti dari lapangan sepak bola yang sesuai standar. Lantas berapakah ukuran yang standar dari lapangan sepak bola untuk orang dewasa? Mari simak ulasan lengkapnya berikut:

Ukuran lapangan sepak bola standar

Menurut induk sepak bola internasional atau FIFA ukuran lapangan sepak bola yang paling banyak digunakan dalam pertandingan internasional adalah memiliki skala sekitar 105 * 68 m atau setara dengan 7140 meter persegi.

Sedangkan untuk luas dari daerah area penalti sebuah lapangan sepak bola setidaknya 16,5 m. Area penalti ini merupakan area terlarang bagi pemain untuk melakukan pelanggaran, terutama di area penalti sendiri.

Berikut ukuran baku lapangan sepak bola standar yang perlu kamu ketahui:

  • Panjang lapangan sepak bola standar yaitu 90-120 m.
  • Sedangkan untuk lebar lapangan sepak bola yang sesuai standar yaitu sekitar 45 hingga 90 meter.
  • Untuk jari-jari lingkaran tengah ukuran 9,5 meter.
  • Luas kotak penalti lapangan sepak bola paling tidak 40,3 m * 16,5 m.
  • Jarak titik penalti dari gawang yaitu sekitar 11 meter.
  • Luas dari area gawang sebuah lapangan sepak bola harus 18, 32 m * 5,5 m.

Ukuran lapangan sepak bola di atas sudah sesuai standar dan baku untuk digunakan dalam kompetisi nasional ataupun internasional. Untuk ketentuan lainnya seputar ukuran lapangan sepak bola serta peraturannya akan diperbaharui berdasarkan kesepakatan oleh anggota ifab.

Peraturan singkat sepak bola

Setelah anda mengetahui informasi mengenai ukuran lapangan sepak bola yang sesuai standar Sekarang kita akan belajar sedikit mengenai peraturan singkat permainan sepak bola:

Permainan sepak bola standar setidaknya dimainkan oleh 22 orang dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dengan ketentuan 10 pemain dan 1 orang kiper.

Permainan sepak bola terdiri dari 2 bagian waktu di mana masing-masing bagian atau babak terdiri dari 45 menit. Jadi total permainan sepak bola standar adalah 90 menit. Waktu ini bisa lebih jika ada babak tambahan.

Dalam permainan sepak bola setidaknya minimal ada 4 orang wasit. 1 berada di dalam lapangan, 2 berada di garis kanan dan kiri atau sering disebut sebagai hakim garis. Dan satunya lagi yang berada di luar lapangan untuk mengatur pergantian pemain.

Dalam permainan sepak bola seorang pemain tidak diperbolehkan memegang bola bahkan menyentuhnya secara sengaja atau tidak sengaja pun dilarang. Hanya kiper satu-satunya pemain sepak bola yang diperkenankan memegang bola itu pun hanya sebatas di area kotak penalti sendiri.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *