Lainnya,Uncategorized

Ini 5 Website Islami Aswaja yang Patut Dijadikan Rujukan

Ini 5 Website Islami Aswaja yang Patut Dijadikan Rujukan

Hari ini, perkembangan umat Islam dalam mendalami agamanya semakin meningkat. Website islami pun banyak dijumpai di dunia maya.

Dan banyak dari kaum milenial hari ini yang mempelajari Islam dari internet baik itu lewat website yang berbentuk tulisan, maupun melalui sosial media yang berbentuk video audio.

Karena terlalu banyaknya portal keagamaan yang ada, berikut kami ringkaskan 5 website islami aswaja (ahlussunnah wal jamaah) yang update tentang masalah keislaman.

1.NU

Situs ini termasuk diantara situs keislaman tertua, tercatat dalam whois domain didaftarkan tahun 1999.

Situs ini merupakan situs resmi milik organisasi Nahdlatul Ulama’ (NU). Diantara rubrik dalam situs ini terdiri dari berita, opini, wawancara, sejarah dan lainnya.

Salah satu yang menonjol dalam situs ini adalah ketika membahas permasalahan agama, banyak merujuk kepada pendapat ulama’ terdahulu.

Situs ini termasuk dalam situs ranking tinggi dalam alexa Indonesia.

 

2.MUHAMMADIYAH

Termasuk situs tertua di Indonesia lainnya adalah situs resmi milik organisasi Muhammadiyah. Bahkan lebih tua daripada NU, tercatat didaftarkan pada tahun 1997.

Rubrik yang ada dalam situs ini adalah wawasan ke-muhammadiyah-an, kajian dan tuntunan doa keislaman, maklumat muhammadiyah, tokoh dan lainnya.

Salah satu yang menonjol dalam situs ini adalah hadirnya majalah kemuhammadiyahan setiap bulan sekali.

Aktivitas sosial yang semarak juga menjadi ciri khas organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan ini. Baik dalam kemasyarakatan maupun di Internet.

 

3.BINCANGSYARIAH

Situs ketiga yang layak untuk menjadi rujukan fiqih adalah bincangsyariah. Situs ini dulunya diasuh oleh ahli hadits Indonesia, KH Mustofa Ya’qub.

Situs ini memberitakan tentang kajian dan khazanah keislaman yang cukup lengkap. Situs ini berpijak kepada suatu hal yang ilmiah dan sesuai logika keislaman.

Ketika menganalisa sebuah permasalahan, website ini mengambil pedoman dari Al Quran, Hadits dan pendapat para ulama’.

 

4.HIDAYATULLAH

Website islami yang keempat yang layak dijadikan sumber bacaan adalah situs hidayatullah.

Situs ini termasuk situs tertua dalam konten islami. Terbukti domainnya terdaftar sejak tahun 1996. Bahkan lebih tua daripada NU dan Muhammadiyah.

Konten yang menonjol dalam website Hidayatullah adalah tentang kabar dunia islam.

Update berita harian yang cepat dan akurat disesuaikan dengan kaedah jurnalistik keislaman dan jurnalistik secara umum.

Motto dari situs ini adalah mengabarkan kebenaran. Sehingga umat Islam layak untuk menjadikannya sumber berita keislaman terkini.

 

5.SALIKUN

Situs berita yang kelima menjadi pilihan penulis adalah salikun.com. Situs ini terbilang situs islami baru.

Tetapi banyak membahas masalah kekinian yang berhubungan tentang persoalan keislaman secara umum.

Ulasan artikelnya yang tajam menjadi hal yang layak untuk dijadikan rujukan bacaan bagi mereka yang hendak mendalami ilmu keislaman.

Setiap permasalahan dikupas dengan mencantumkan dalil dari Al Quran, hadits maupun perkataan para ulama’ terdahulu dan kontemporer.

Menu atau rubrik dari situs ini ada 5 yaitu tentang masalah Aqidah, Fikih, Adab, Fadhilah amal dan sejarah.

Situs ini ditulis oleh salah satu santri dari alumnus pesantren islam di Indonesia yang berakidah ahlussunnah wal jamaah. Jadi jangan khawatir dengan kajian keislaman di dalamnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *