Kesehatan

Pentingnya Slow Cooker Untuk MPASI Bayi

Bubur bayi atau yang populer dinamakan sebagai MPASI adalah sebuah singkatan dari Makanan Pendamping ASI yang bisa diberikan kepada bayi sejak ia sudah menginjak usia 6 bulan dan hal ini sudah menjadi rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan juga WHO.

slow cooker untuk mpasi bayi

Kita bisa mendapatkan bubur bayi atau MPASI dengan beberapa cara, bisa dengan membuatnya sendiri menggunakan cara biasa menggunakan panci dan kompor, atau bisa juga dengan membeli yang sudah jadi, atau bisa juga menggunakan bubur bayi instan yang tidak perlu dimasak melainkan hanya diseduh dengan air panas.

Tapi selain dari ketiga cara untuk mendapatkan MPASI bayi tersebut, ada satu lagi cara yang lebih mudah dilakukan akan tetapi memilih kelebihan yang lebih banyak, yakni dengan membuat bubur bayi MPASI menggunakan alat ini.

Apakah slow cooker itu?

Slow cooker adalah saudara dari rice cooker yang sudah sejak lama digunakan orang diseluruh dunia untuk memasak atau menanak nasi dengan cara yang mudah hanya cukup di colokan ke listrik dan nasi matang sendiri secara otomatis.

Tapi meskipun masih saudaraan dengan rice cooker, alat memasak ini memiliki sedikit perbedaan terutama jika dilihat dari sistem atau cara kerjanya. Dan seperti pada namanya slow cooker yang berarti pemasak lambat, memang ketika digunakan untuk memasak, alat ini cukup lama matangnya.

Namun diluar lamanya durasi yang dibutuhkan untuk memasak, ada beberapa kelebihan dari alat ini yang tidak dimiliki oleh rice cooker ataupun jenis memasak elektronik lainnya terutama untuk membuat MPASI bayi.

Kelebihan slow cooker untuk memasak bubur bayi MPASI

  • Tidak membuat nutrisi pada bahan yang dimasak menjadi hilang

Memasakan bahan makanan mentah baik melalui air mendidih maupun minyak mendidih akan membuat sebagian kecil hingga besar kandungan nutrisi yang ada didalamnya menjadi rusak bahkan hilang, dan dengan menggunakan slow cooker yang menggunakan suhu yang terlalu panas, nutrsi bahan makanan akan lebih terjaga terlebih lagi ini ketika ini digunakan untuk membuat bubur bayi.

  • Mudah digunakan dan bisa diatur timing atau durasi memasaknya

Kebanyakan dari merk slow cooker yang ada dipasaran bisa di setting minimal 2 jam sampai dengan 6 sampai 8 jam, dan tentu saja ini sangat memudahkan terutama untuk orang yang sibuk.

Karena kita bisa mulai memasak di malam hari sebelum tidur, dan kita set timer 6 jam, maka di pagi hari bubur bayi sudah matang dan siap diberikan untuk si bayi.Artikel terkait: Bahaya Rice Cooker.

Merk slow cooker yang bagus itu apa saja?

Mengutip situs BicaraProduk.com tentang slow cooker salah satu merk yang bagus dan juga paling saat ini diantaranya adalah Baby Safe yang bisa di beli seharga 150 ribuan.

Sumber referensi: https://bicaraproduk.com/slow-cooker-terbaik-bubur-mpasi-sup/

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *