Kesehatan

Bahaya Rice Cooker Untuk Kesehatan

Pada artikel saya di blog borenz.com yang sebelumnya adalah tentang slow cooker yang cukup memudahkan untuk pembuatan makanan bayi, untuk kali ini saya akan melanjutkannya dengan bahaya rice cooker untuk kesehatan yang kebanyakan orang justru meremehkan hal tersebut.

bahaya-panci-rice-cooker-rusak-terkelupas
gambar: bicaraproduk.com

Apakah rice cooker itu memang benar-benar berbahaya ketika digunakan? Pada awalnya, karena memang sebenarnya saya adalah orang yang jarang memasak sendiri, saya memang belum tahu terkait potensi bahaya yang bisa ditimbulkan dari rice cooker atau alat penanak nasi ini, namun setelah saya membaca sebuah artikel di situs bicaraproduk.com yang berjudul rice cooker terbaik, kemudian saya baru mengerti.

Dan sebenarnya bahaya yang dimaksud ini bukanlah bahaya secara keseluruhan ketika setiap kali menggunakan alat elektronik rumah tangga ini, akan tetapi hanya berpotensi menimbulkan bahaya pada kondisi tertentu saja.

Bahaya Rice Cooker Panci Terkelupas

Sesuai dengan keterangan diatas, potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh rice cooker hanya ketika dalam kondisi panci yang ada di dalamnya sudah rusak atau terkelupas. Dan apabila kondisinya masih baik-baik saja, maka hal tersebut tidaklah mengapa. Dan berikut ini kutipan keterangan pada situs bicaraproduk.com tentang bahayanya.

  • Bahaya yang berpotensi terjadi yang kami maksud disini adalah pada kondisi dimana panci bagian dalam rice cooker yang terbuat dari bahan teflon anti lengket sudah rusak dan mengelupas sehingga membuatnya menjadi mudah larut kedalam nasi dan otomatis akan ikut termakan.
  • Padahal sudah sejak dulu di informasikan oleh para pakar kesehatan bahwa segala jenis alat masak yang berbahan dasar taflon bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan ketika sudah rusak dan membuat partikel-partikel komponen bahannya terlarut kedalam makanan yang sedang dimasak.
  • Dan meskipun masih menjadi perdebatan, akibat buruk bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat kontaminasi bahan kimia teflon diantaranya adalah dapat memicu atau menyebabkan penyakit kanker.

Apakah hal tersebut juga akan berlaku pada slow cooker?

Tidak, karena kebanyakan dan hampir semua produk slow cooker pada pancinya tidak dibuat menggunakan bahan yang berlapis teflon akan tetapi murni dari bahan keramik sehingga tidak ada istilah lecet dan terkelupas kecuali akan mudah sekali pecah ketika terjatuh.

Karena memang, konsep dan cara kerja antara rice cooker dan slow cooker memang agak sedikit berbeda meskipun sama-sama bisa digunakan untuk memasak.

Rice cooker berfungsi memasak beras mentah hingga menjadi nasi dengan metode sistem pemanasan maksimal yang bisa matang dengan waktu yang cepat, sedangkan slow cooker memasak beras mentah hingga menjadi bubur dalam waktu yang relatif lebih lama dengan tujuan agar kandungan nutrisi pada beras tersebut menjadi lebih terjaga.

Jadi sekarang sudah tahu kan, bahwa memang ada potensi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh rice cooker, namun hal tersebut hanya berkalu pada rice cooker yang sudah rusak atau terkelupas saja.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *