Menilai Maraknya Konsep Apotek Online Saat Ini

sistem apotek online

Saat ini ada cukup banyak apotek yang mengadopsi sistem apotek online. Adapun alasan yang mendorong bertumbuhnya konsep apotek online ini adalah untuk memudahkan pengembangan usaha apotek dan juga memudahkan konsumen mendapatkan obat-obat yang diperlukan.Seringkali konsumen begitu kesulitan untuk menemukan obat-obatan yang dibutuhkannya. Mereka harus mencari obat yang diresepkan dokter dari apotek yang satu ke apotek yang lainnya. Tentunya ini sangat memakan waktu dan juga sangat melelahkan.

Manfaat Sistem Apotek Online

Dengan adanya sistem apotek online saat ini; konsumen tentunya menjadi sangat mudah menemukan obat-obatan yang diperlukan. Mereka bisa menghubungi apotek-apotek yang menyediakan sistem pembelian online untuk menanyakan ketersediaan obat; bahkan obat-obat ini bisa diantarkan ke alamat konsumen.

sistem apotek online

Di sisi lain Apotek bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan memperluas jangkauan konsumen yang dilayani. Jadi sistem apotek online ini bisa sangat menguntungkan bagi konsumen dan juga bagi apotek.

Potensi Masalah Dari Sistem Apotek Online

Namun tentu saja masalahnya tidak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang berpotensi menjadi masalah jika tidak dipikirkan dengan seksama. Sebagai contoh; saat ini ada cukup banyak orang-orang yang menjual online obat-obatan tanpa pemantauan ahli seperti apoteker berSIPA/STRA.

Sistem online ini juga bisa berpotensi menjadi masalah dalam hal pemantauan keaslian resep untuk obat-obatan keras. Tentu saja apotek online tidak boleh menghilangkan faktor pencegahan untuk beradar luasnya obat-obatan yang memerlukan resep dokter.

Jadi harus ada sistem pengawasan yang bisa diandalkan sebelum sistem apotek online ini diizinkan melayani penjualan online untuk obat-obatan keras.

Sistem apotek online harus bisa menjaring oknum masyarakat yang mau memanfaatkan sistem online ini, untuk mendapatkan obat-obat keras yang hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter.

Di sisi lain, tidak semua pihak yang membuka apotek online adalah apotek yang mengantongi izin untuk berjualan obat. Bisa saja penjual-penjual obat ilegal memanfaatkan sistem online untuk menjual obat-obat keras ke masyarakat, karena orientasi mereka hanyalah mencari keuntungan saja.

Tentunya peran aktif pemerintah dan lembaga pengawasan terkait sangat diperlukan untuk mencegah praktek-praktek penjualan obat farmasi dengan bebas secara online.

================

Kita tidak bisa mencegah berkembangnya sistem penjualan online yang semakin meluas ke semua bidang. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah membentuk serangkaian peraturan, dan juga serangkaian sistem pengawasan untuk memantau praktek apotek online yang terjadi di tanah air.

Sistem pengawasan ini harus memastikan penjualan obat-obatan farmasi; baik itu obat bebas, bebas terbatas ataupun obat-obatan yang memerlukan resep dokter hanya dilakukan oleh apotek yang mengantongi izin.

Selain itu masyarakat juga harus menyadari pentingnya berhati-hati dalam membeli obat-obatan secara online. Mereka harus mencari apotek online yang memang mempunyai apotek offline yang berizin. Membeli obat-obatan dari apotek yang tidak jelas perizinannya bisa sangat beresiko. Bisa saja obat yang dibeli itu kadaluarsa, atau salah takaran dosis, atau bahkan palsu dan berbahaya.

Sangat direkomendasikan agar masyarakat hanya berbelanja dari apotek online yang terpercaya dan dikelola oleh seorang tenaga apoteker yang mengantongi izin. Semuanya ini demi keamanan pasien pengguna produk obat farmasi itu sendiri.

Jika anda berdomisili di wilayah Cirebon dan sekitarnya, anda bisa membeli berbagai obat farmasi dari Apotek Online Fatima. Apotek online ini sudah melayani banyak sekali penjualan obat-obatan secara online dan dikelola oleh Apoteker. Anda bisa mendapatkan konsultasi gratis dengan apoteker sebelum anda membeli obat yang anda butuhkan dari apotek online ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *