septic tank
Bisnis

TIPS UNTUK PEMBUATAN DAN PERAWATAN SEPTIC TANK

Saat ini di kota-kota besar sanitasi menjadi masalah yang sangat perlu untuk diperhatikan. Ada banyak sekali orang yang membangun rumah mereka dengan dilengkapi dengan septic tank sebagai tempat penampungan limbah kotoran manusia. Tentunya septic tank ini juga memerlukan penanganan tersendiri agar bisa berfungsi dengan baik.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada saat anda akan membuat sebuah septic tank. Jika anda tidak memperhatikan masalah ini, maka septic tanka anda tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

septic tank

 

UKURAN SEPTIC TANK

Pada saat anda membuat sebuah septic tank anda harus menentukan ukuran yang tepat. Biasanya ukuran yang tepat untuk sebuah septic tank itu didasarkan pada jumlah penghuni rumah. Semakin besar jumlah penghuni rumah, maka semakin besar juga septic tank yang perlu dipersiapkan. Jika septic tank terlalu kecil, maka septic tank tentu akan cepat penuh.

Kalau septic tank terlalu cepat penuh, maka tentunya WC akan jadi lebih cepat mampet. Itu berarti anda akan lebih sering menggunakan jasa sedot WC. Jadi ini adalah sesuatu yang sangat perlu anda pertimbangkan pada saat anda akan membuat sebuah septic tank.

BAHAN SEPTIC TANK

Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat septic tank. Jika pembuatan septic tank menggunakan bahan yang tidak kokoh, maka bisa saja septic tank menjadi mudah retak dan bocor. Tentu saja septic tank yang bocor bisa menjadi masalah bagi lingkungan, terutama kawasan perumahan yang belum terjangkau layanan PDAM dan masih menggunakan sumur bor.

JARAK DARI SUMUR

Untuk rumah yang masih menggunakan sumur, maka sangat diimbau untuk menjaga jarak dari septic tank dengan sumur. Biasanya jarak yang direkomendasikan untuk sumur ke septic tank adalah 10 meter. Namun ada banyak rumah yang mempunyai luas tanah di bawah 10 meter. Jadi biasanya ini adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Jika anda termasuk rumah yang mempunyai ukuran tanah yang terbatas, maka sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan sumur untuk keperluan minum atau mandi. Anda sebaiknya mengusahakan sumber air yang lain untuk keperluan minum dan mandi. Atau anda bisa membuat instalasi penjernih air untuk membantu mengurangi resiko penyakit.

GUNAKAN LAYANAN SEDOT WC SECARA BERKALA

Seringkali pemilik rumah mengabaikan penggunaan jasa sedot wc walaupun wc-nya sudah mampet. Ini adalah sesuatu yang tidak direkomendasikan karena septic tank bisa mampet dan anda tidak akan bisa menyiram kotoran yang ada di WC. Jasa sedot wc sebenarnya tergolong cukup murah, yaitu di kisaran Rp.400.000, dan anda hanya perlu menggunakannya setiap 2 tahun atau 3 tahun sekali.

Saat ini sudah banyak sekali jasa sedot WC yang melayani penyedotan WC tanpa bongkar dan hasil kerjanya sangat cepat dan sangat bersih. Jadi anda sama sekali tidak akan direpotkan dengan aktifitas penyedotan WC ini. Anda bisa mencari layanan jasa sedot WC ini dengan menggunakan Google. Biasanya layanan ini sudah tersedia dan sangat mudah didapatkan di kawasan perkotaan dan kabupaten.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *