mengatasi masalah di Windows
Teknologi

Bagaimana Mengatasi Masalah Yang Terjadi Di Windows?

Windows adalah OS komputer yang paling populer di dunia saat ini. Begitu juga di Indonesia; hampir semua komputer menggunakan OS besutan Bill Gates ini. Tentu saja untuk bisa menggunakan Windows anda harus paham cara penggunaannya. Jika anda tidak mengetahui cara penggunaan Windows, maka sangat mungkin anda mengalami masalah dalam penggunaannya.

Tentu saja Google menyertakan program troubleshoot atau pemecahan masalah untuk setiap produk yang mereka rilis. Namun tidak semua orang pandai berbahasa inggris, dan tidak semua orang bisa mengikuti instruksi teknis. Jadi seringkali seseorang tidak bisa memperbaiki masalah yang ditimbulkannya pada Windows yang dipergunakannya.

mengatasi masalah di Windows

Setiap seri Windows mempunyai program troubleshoot. Tapi apakah anda tahu cara mengakses program pemecahan masalah di Windows ini? Berikut ini adalah berbagai cara mengakses Troubleshoot untuk setiap seri Windows.

Windows 10

Anda bisa mengakses program troubleshoot di Windows 10 dengan membuka Pengaturan. Dari jendela pengaturan ini anda bisa memilih Perbarui & Keamanan setelah itu anda bisa memilih menu Pecahkan masalah.

Windows 7 & 8

Bagi anda yang masih menggunakan Windows 7 dan 8, itu berarti anda harus menggunakan Control Panel untuk melakukan troubleshoot ini. Buka Control Panel > Sistem dan Keamanan> Pecahkan Masalah Umum Komputer.

Jika anda memilih menu ini; anda akan melihat tampilan baru yang berisi panduan untuk memecahkan masalah anda satu persatu. Program ini akan berusaha mengenali masalah apa yang anda hadapi dan akan memberikan anda panduan yang anda butuhkan.

Sayangnya tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan menggunakan program troubleshoot ini. Ada beberapa masalah yang hanya bisa anda temukan jawabannya dengan melakukan browsing di internet. Beberapa masalah, walaupun tidak banyak, benar-benar berujung tanpa solusi sama sekali. Tentunya masalah seperti ini akan mewajibkan anda untuk melakukan penginstalan ulang OS Windows di komputer anda.

Jika anda tidak mempunyai Windows Installer, dan Installer Windows yang ori terlalu mahal untuk anda, maka anda bisa membawa komputer anda ke tukang service komputer. Biasanya mereka bisa melakukan penginstalan ulang OS dan beberapa Software penting ke PC anda dengan harga yang murah. Ini adalah solusi yang lebih terjangkau bagi anda yang mempunyai keterbatasan keuangan.

Tapi menginstal ulang komputer bisa saja membuat anda mengalami kesulitan untuk menggunakan beberapa software yang merekam aktifitas anda. Software-software seperti ini akan kembali seperti baru dan tidak ada riwayat aktifitas atau penyimpanan yang anda lakukan sebelumnya.

Jadi anda baiknya anda benar-benar berusaha maksimal untuk memperbaiki masalah Windows anda tanpa perlu melakukan pemasangan ulang Windows. Anda bisa mencoba Googling untuk menemukan website-website yang menyediakan panduan troubleshoot Windows dalam bahasa Indonesia. Saat ini ada cukup banyak website yang membahas cara menyelesaikan masalah di Windows.

Panduan yang tersedia di website-website ini biasanya spesifik untuk masalah-masalah tertentu sehingga anda bisa lebih mudah memahami panduan yang diberikan. Biasanya masalah-masalah yang spesifik yang dialami para pengguna Windows bisa diselesaikan dengan mengikuti panduan yang tersedia.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *