persiapan melahirkan
Kesehatan

Bagaimana Melakukan Persiapan Melahirkan Dengan Benar?

Dengan semakin dekatnya waktu untuk melahirkan, anda harus mengetahui bahwa sangatlah penting untuk melakukan persiapan melahirkan, karena hal itu bisa terjadi kapan saja. Dalam beberapa kasus, proses melahirkan dapat dimulai pada minggu ke-37, tiga minggu sebelum waktu yang ditentukan.

Jadi pastikan Anda tahu bagaimana Anda akan sampai ke rumah sakit dan memiliki tas yang penuh dengan semua yang Anda butuhkan, karena Anda tidak akan tahu berapa lama proses persalinan akan berlangsung.

persiapan melahirkan

Anda harus menyiapkan beberapa hal setidaknya empat minggu sebelum waktu yang ditentukan. Tanyakan dokter atau bidan anda, kelengkapan apa saja yang harus anda persiapkan. Anda juga mungkin ingin memasukkan barang-barang berikut ini ke dalam tas bersalin anda:

  • Pakaian yang tua, longgar dan nyaman untuk dipakai selama persalinan
  • Pakaian ganti
  • Pakaian dalam yang nyaman, termasuk bra menyusui jika Anda berencana untuk menyusui – ingat payudara Anda akan jauh lebih besar dari biasanya
  • sekitar 24 pembalut penyerap super (juga dikenal sebagai pembalut bersalin)
  • Perlengkapan mandi
  • Jus buah dan permen untuk membantu memberi energi setelah persalinan
  • handuk, sebaiknya jangan berwarna putih
  • Sandal
  • 24 popok untuk bayi
  • Pakaian dan selimut bayi, pastikan anda membawa topi, sarung tangan dan kaki untuk memastikan bayi anda merasa hangat

Berikutnya, transportasi. Pastikan anda telah memiliki rencana yang matang tentang bagaimana anda akan menuju tempat bersalin, karena anda bisa melahirkan kapan saja, 24 jam. Jika Anda berencana pergi dengan mobil, pastikan mesin mobil anda dalam keadaan baik dan selalu tersedia cukup bahan bakar di tangkinya.

Jika suami anda sudah berjanji untuk mengantarkan anda saat bersalin, tetaplah buat rencana cadangan seandainya tiba-tiba saja suami anda tidak berada di tempat saat anda ingin melahirkan. Mintalah teman atau tetangga untuk membantu anda. Simpan daftar nomor penting di ponsel Anda. Pastikan anda menyimpan nomor rumah sakit dan bidan atau dokter yang akan membantu anda melahirkan.

Terkadang proses melahirkan dapat sangat membingungkan, apa lagi bagi anda yang pertama kali merasakannya. Setiap orang bisa merasakan pengalaman yang berbeda-beda, tetapi begitu Anda mulai mengalami proses melahirkan, satu atau beberapa hal berikut pasti akan terjadi:

  1. Kontraksi mulai terjadi secara teratur, dengan periode yang lebih pendek di antara masing-masing kontraksi
  2. Kontraksi menjadi semakin lama dan kuat
  3. Air ketuban Anda akan pecah (walaupun ini hanya tanda bahwa persalinan telah dimulai jika disertai kontraksi)
  4. Anda mungkin merasakan kram, seperti nyeri haid dan nyeri punggung bawah
  5. Anda mungkin mengalami keputihan berwarna coklat atau merah muda.

Jika Anda tidak yakin apakah proses persalinan Anda telah dimulai atau belum, hubungi dokter atau bidan Anda dan mereka akan memberi tahu Anda.

Bagaimana jika waktu melahirkan anda lebih lama dari pada yang diperkirakan? Jika kehamilan Anda berlangsung lebih dari 40 minggu, kemungkinan besar Anda akan ditawari induksi pada minggu ke-41 dan 42 (7 hingga 14 hari setelah waktu perkiraan).

Persalinan dapat diinduksi jika anda belum melahirkan setelah melewati waktu perkiraan. Induksi juga dapat dilakukan jika ada risiko yang dapat membahayakan kesehatan Ibu atau bayi – misalnya, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau jika bayi Anda gagal tumbuh dan berkembang.

Jadi ini adalah persiapan melahirkan yang bisa anda lakukan untuk kelancaran persalinan anda nantinya….

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *