Apa Itu Digital Marketing? Dan Kenapa Itu Penting?

mengenal digital marketing

Digital marketing mencakup semua upaya marketing yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Pemasar inbound berpengalaman mungkin mengatakan marketing inbound dan digital marketing hampir sama, tetapi ada beberapa perbedaan kecil. Dan percakapan dengan pemasar dan pemilik bisnis di Amerika, Inggris, Asia, Australia, dan Selandia Baru, saya telah belajar banyak tentang bagaimana perbedaan kecil itu diamati di seluruh dunia.

Mengapa digital marketing itu penting?

Digital marketing membantu anda menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang anda bisa melalui metode tradisional, dan menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan anda. Selain itu, sering kali lebih hemat biaya daripada iklan tradisional, dan memungkinkan anda mengukur kesuksesan setiap hari dan melakukan pivot sesuai keinginan anda.

mengenal digital marketing

Ada beberapa manfaat utama digital marketing. Mari selami empat di antaranya, sekarang. Anda hanya dapat menargetkan prospek yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan anda.

Jika anda memasang iklan di tv, majalah, atau papan reklame, anda memiliki kendali terbatas atas siapa yang melihat iklan tersebut. Tentu saja, anda dapat mengukur demografi tertentu — termasuk pembaca khas majalah, atau demografi lingkungan tertentu — tetapi sebagian besar masih merupakan bidikan dalam kegelapan.

Misalnya, anda dapat memanfaatkan fitur penargetan media sosial untuk menampilkan iklan media sosial kepada audiens tertentu berdasarkan variabel seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, jaringan, atau perilaku. Atau, anda dapat menggunakan strategi ppc atau seo untuk menayangkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan anda, atau yang telah menelusuri kata kunci spesifik yang terkait dengan industri anda.

Ini lebih hemat biaya daripada metode marketing tradisional.

Digital marketing memungkinkan anda melacak kampanye setiap hari dan mengurangi jumlah uang yang anda belanjakan untuk saluran tertentu jika tidak menunjukkan roi yang tinggi. Hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk bentuk periklanan tradisional. Tidak masalah bagaimana kinerja papan reklame anda — biayanya tetap sama, terlepas dari apakah itu dikonversi untuk anda atau tidak.

Plus, dengan digital marketing, anda memiliki kendali penuh atas di mana anda memilih untuk membelanjakan uang anda. Mungkin daripada membayar untuk kampanye ppc, anda memilih untuk menghabiskan uang untuk perangkat lunak desain untuk membuat konten instagram dengan konversi tinggi. Strategi digital marketing memungkinkan anda untuk terus berputar, memastikan anda tidak pernah membuang-buang uang untuk saluran yang tidak berkinerja baik.

Digital marketing memungkinkan anda mengungguli pemain yang lebih besar di industri anda.

Jika anda bekerja untuk bisnis kecil, kemungkinan sulit bagi anda untuk bersaing dengan merek-merek besar di industri anda, yang banyak di antaranya memiliki jutaan dolar untuk diinvestasikan dalam iklan televisi atau kampanye nasional. Untungnya, ada banyak peluang untuk mengungguli pemain besar melalui inisiatif digital marketing strategis.

Digital marketing terukur.

Digital marketing dapat memberi anda tampilan awal hingga akhir yang komprehensif dari semua metrik yang mungkin penting bagi perusahaan anda — termasuk tayangan, pembagian, tampilan, klik, dan waktu di halaman. Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari digital marketing. Sementara iklan tradisional dapat berguna untuk tujuan tertentu, batasan terbesarnya adalah keterukuran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *