Tips Memilih Jasa Import FCL (Full Container Load)

jasa import fcl

FCL adalah singkatan dari Full Container Load, jenis layanan pengiriman kargo yang berarti muatan kontainer penuh. Hal ini dimaksudkan untuk menggunakan satu kontainer penuh untuk digunakan melakukan pengiriman kargo  40 kaki atau 20 kaki.

Impor Full Container Load resmi juga dapat dilakukan ketika Anda ingin mengirim barang dalam volume besar, yang tidak mungkin jika Anda menggunakan pos. Hal ini tentunya akan lebih menghemat biaya pengiriman.

jasa import fcl

Belum lagi pelanggan Full Container Load bisa menyewa satu kontainer penuh untuk barangnya sendiri jadi tidak perlu berbaur dengan barang pelanggan lain. Tentu saja, biaya sewa bervariasi sesuai dengan jarak dan ukuran container.

Alasan utama untuk menggunakan jasa impor resmi FCL karena dapat menampung volume yang besar. Barang yang dikirim biasanya mudah terbakar, rusak atau memerlukan penanganan khusus. Seperti minyak kelapa, arang sekam, atau barang-barang yang membutuhkan penerapan suhu tertentu, seperti ikan, makanan beku, sayuran, buah-buahan, dan barang sejenis lainnya.

Bagaimana memilih layanan impor FCL

Berikut ini beberapa cara memilih jasa import FCL resmi yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ketahui metode pengiriman yang digunakan

Memilih metode pengiriman ini tentunya tergantung dari jumlah barang yang akan Anda impor. Anda bisa memutuskan apakah akan menggunakan kapasitas 20ft atau 40ft. Anda juga dapat memilih rute yang ingin digunakan, baik rute laut maupun darat. Sehingga Anda dapat mengirimkan daftar kemasan ke layanan impor FCL resmi untuk menentukan rute yang efisien dan efektif.

Asuransi yang dimiliki

Pastikan juga penyedia jasa import ini memiliki asuransi yang jelas. Jangan sampai anda tergiur dengan iming-iming harga murah dan mengabaikan jaminan atas barang anda. Periksa kembali sebelum Anda menentukan pilihan, apakah total biaya yang dibebankan sudah termasuk asuransi atau belum. Jadi jika ada masalah, apakah barang tersebut disita atau hilang, pihak jasa harus bertanggung jawab.

Pelayanan yang disediakan

Pilihlah layanan impor FCL resmi yang ramah dan mempunyai customer service yang handal. Jadi jika ada masalah atau kendala, Anda bisa dengan cepat menghubungi layanan import. Kami juga merekomendasikan untuk melihat testimonial perusahaan lain sebelum menggunakannya.

Tetap pada tenggat waktu

Usahakan untuk memilih layanan yang dikirimkan tepat waktu, karena ini sangat penting dan dipengaruhi oleh modal transportasi yang digunakan. Perusahaan pelayaran impor resmi terbaik tentu saja akan menyiapkan alat transportasi terbaik untuk mengirimkan barang anda.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, jasa import FCL bisa menjamin proses pengiriman dilakukan dengan lancar dan tepat waktu. Sehingga tidak mengecewakan pelanggannya.

Berpengalaman

Anda dapat memastikan untuk mencari informasi dari Internet dan relasi bisnis Anda tentang pengalaman yang mereka dalam menggunakan layanan FCL. Tanyakan juga apakah mereka pernah mengirim barang ke negara yang Anda tuju saat ini, dan jenis barang apa yang sudah dikirim. Hal ini tentunya agar anda merasa lebih percaya diri dengan pilihan jasa import Full Container Load yang akan Anda gunakan.

Mengetahui jenis pengiriman khusus apa yang paling sering ditangani

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa forwarder tertentu, sebaiknya anda mencari tahu negara-negara yang menjadi spesialisasi forwarder tersebut. Jadi anda harus menanyakan negara mana yang paling sering menjadi tujuan pengiriman barang yang mereka lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *