bisnis

Mengenal Flange Dan Fungsinya Dalam Perpipaan

Bagi anda yang sudah terbiasa membuat saluran pipa maka anda pasti sudah terbiasa dengan flange. Tapi kalau anda belum tahu apa yang dimaksud dengan flange pipa, maka ini adalah komponen yang biasanya anda gunakan untuk menggabung pipa dengan katup atau menghubungkan pipa dengan komponen lainnya.

Jika anda memperhatikan penjelasan ini maka sudah jelas bahwa flange pipa ini berfungsi sebagai sambungan untuk memudahkan anda dalam merawat sistem perpipaan. Dengan menggunakan flange ini anda bisa membuat komponen lainnya tetap aman pada saat anda melakukan perawatan. Yang sekarang perlu anda ketahui adalah standar dalam menilai kualitas dari flange.

Sebelum anda mengetahui standar ANSI dan tabelnya maka anda perlu mengetahui beberapa jenis flange pipa, yaitu:

  • Flange yang dibedakan berdasarkan dimensi atau ukurannya
  • Flange yang dibedakan berdasarkan schedule
  • Flange yang dibedakan berdasarkan bentuknya

Dari semua jenis flange tersebut anda perlu mengetahui bahwa flange berdasarkan ANSI yang paling banyak digunakan. Adapun beberapa flange standar ANSI yang cukup umum digunakan antara lain adalah:

Socket weld flange

Flange ini dipilih karena sisi luarnya mempunyai tahanan. Tahanan ini biasanya berfungsi untuk menahan pipa yang dimasukkan ke dalamnya agar tidak tembus keluar. Demikian sehingga pemasangan pipa tersebut akan aman pada saat digunakan.

Slip on flange

Jenis ini adalah jenis flange yang hanya bisa anda masukkan sebagian. Jadi tipe ini berbeda dengan tipe soket tadi yang bisa masuk sepenuhnya. Oleh karena itu pemilihan flange harus tepat berdasarkan diameter bagian dalam dari flange tersebut.

Lap Joint flange

Jenis flange yang satu ini bisa anda putar posisi lubang bautnya. Tidak direkomendasikan untuk menggunakan flange ini jika anda akan menggunakan tekanan yang tinggi pada saluran pipa anda.

Welding neck flange

Yang dimaksud dengan welding neck flange adalah jenis flange yang mudah disambungkan dengan pipa. Hal inilah yang membuat flange ini banyak sekali digunakan. Flange ini bisa juga anda gunakan pada tekanan dan temperatur yang tinggi.

Threaded Flange

Flange tipe ulir ini tentu saja cara menyambungkannya adalah dengan memutar ulirnya. Tipe yang satu ini biasanya anda gunakan sebagai alternatif untuk membuat sistem yang rawan kebakaran jikalau anda harus menggunakan mesin las.

Kurang lebih ini adalah beberapa jenis flange yang bisa anda gunakan pada saat anda membuat sistem perpipaan. Anda sebaiknya memilih flange dengan seksama berdasarkan kebutuhan dan desain rangkaian pipa yang akan dibuat.

Jika anda tertarik untuk membeli produk flange yang berkualitas, ada beberapa supplier flange di Jakarta yang saat ini bisa menjadi pilihan anda. Supplier flange ini menyediakan berbagai produk flange dengan kualitas yang sangat baik sehingga akan tahan lama dan aman untuk anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.