teknologi Uncategorized

Apa Itu Backlink? Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?

Selama bertahun-tahun, Google telah memperbarui algoritmanya berkali-kali. Aturan seputar backlink telah berubah dalam banyak hal, tetapi kepentingannya dalam SEO masih sangat signifikan.

Faktanya pada tahun 2022, backlink adalah salah satu faktor peringkat terbesar dan terpenting untuk sebuah situs web, selain konten dan user experience.

Dalam artikel ini, kita akan melihat:

  1. Apa itu backlink dan mengapa itu penting;
  2. Apa yang membuat backlink berharga;
  3. Cara mendapatkan backlink pada tahun 2022.

Awalnya, telah dikembangkan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah proses pembuatan link.

Karena seluruh topik ini agak sulit dipahami, kami dengan senang hati berbagi pengetahuan kami dan membantu Anda menemukan cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi pada tahun 2022.

Apa Itu Backlink?

Backlink (juga dikenal sebagai “link masuk” atau “link balik”) adalah link yang mengarah ke situs web Anda dari sumber lain, bukan link internal.

Ada korelasi kuat antara jumlah backlink berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web dan peringkatnya di halaman hasil pencarian. Backlink bisa datang dari mana saja di Internet: halaman media sosial, posting blog, direktori, dan sebagainya.

Namun, tidak semuanya punya nilai sama untuk SEO. Jenis backlink yang paling penting dalam hal optimasi mesin pencari adalah link dalam konten yang relevan dari satu posting blog ke posting blog lainnya.

Mengapa Backlink Penting?

Backlink sangat penting karena cara kerja algoritma Google. Sederhananya, backlink bertindak sebagai “vote” yang membuat situs web lain menganggap konten Anda berharga, dan layak ditautkan.

Memiliki banyak backlink berkualitas tinggi yang mengarah ke situs web Anda biasanya menghasilkan halaman Anda muncul tinggi di halaman hasil pencarian. Dan, tentu saja, setiap backlink secara pasif akan menghasilkan sedikit lalu lintas rujukan.

Apa itu PageRank?

Untuk benar-benar memahami mengapa backlink sangat penting, kita harus membawanya kembali ke awal permulaan masalah ini, ketika PageRank diperkenalkan oleh Google.

PageRank dulunya adalah metrik resmi Google tentang seberapa dapat dipercaya halaman tertentu. Saat halaman tertaut ke halaman lain, sebagian dari PageRank-nya akan ditransfer ke halaman yang ditautkan.

Jumlah PageRank yang ditransfer bergantung pada sejumlah faktor:

  • Relevansi topikal
  • Jumlah link lain di halaman penautan
  • Tag Rel, seperti “DoFollow” atau “NoFollow“

Sebuah halaman tidak kehilangan PageRank apapun dengan menautkan, tetapi nilai dari link ini berkurang jika ada banyak link eksternal lain di halaman tersebut.

Informasi PageRank dulunya tersedia untuk umum di Google Toolbar, yang menyebabkannya disalahgunakan oleh SEO. Obsesi baru dengan backlink ini membuat banyak pemilik situs web meninggalkan taktik lain, dan bahkan lebih fokus pada link daripada konten berkualitas.

Ini memaksa Google untuk menghentikan toolbar PageRank dan menyembunyikan nilai pagerank dari para pelaku SEO.

Tidak ada metrik Google resmi yang terkait dengan otoritas lagi. Namun, perusahaan lain seperti Ahrefs dan SEMRush telah membuat metrik otoritas mereka sendiri seperti DR dan DA yang biasanya digunakan oleh SEO untuk mengukur efektivitas upaya membangun link mereka.

Selain itu, fakta bahwa PageRank secara resmi telah ditutupi dari pandangan publik tidak berarti bahwa beberapa versinya tidak digunakan di bagian belakang. Bahkan, telah dikonfirmasi oleh salah satu karyawan Google bahwa mereka masih menggunakan PageRank.

Ya, ini adalah tweet berusia hampir lima tahun, tetapi tidak ada alasan untuk percaya bahwa mereka telah membuang PageRank sejak saat itu.

Saat ini, PageRank lebih sering disebut sebagai “Ekuitas link”, atau “link juice”.

Google telah merilis banyak pembaruan yang ditujukan untuk memerangi praktik pembuatan link spam, tetapi backlink dari sumber daya yang sangat otoritatif masih tetap menjadi faktor peringkat yang sangat besar.

Ini membawa kita ke pertanyaan yang sangat penting.

Apa faktor backlink berkualitas?

Di awal artikel ini, kami telah menyebutkan bahwa backlink terbaik adalah backlink dalam konten yang relevan dari satu posting blog ke posting blog lainnya.

Dan sementara itu tidak diragukan lagi benar, sangat penting untuk menyebutkan faktor-faktor pasti yang berperan saat menentukan nilai dari setiap link yang diberikan.

Menghubungkan Otoritas Domain

Boleh dibilang, hal terpenting tentang backlink adalah dari mana link itu berasal.

backlink dari blog DR 87 yang telah menerbitkan ratusan artikel berkinerja tinggi akan jauh lebih berharga daripada link dari situs baru yang hampir tidak menghasilkan seratus pengunjung bulanan.

Jelas, link rusak atau link dari situs spam tidak memiliki nilai untuk pengoptimalan mesin telusur Anda.

Relevansi Topik

Agar berharga, link harus masuk akal. Misalnya, tidak masuk akal jika kita menautkan link ke panduan tentang cara memasang kartu grafis di komputer Anda dari artikel ini.

Tapi, link keluar ke artikel tentang apa itu PageRank akan sangat relevan

Bahkan teks jangkar berdampak pada seberapa berharganya sebuah link.

Menurut John Mueller dari Google, tidak masalah apakah jangkar teks panjang atau pendek. Itu hanya perlu jelas, dan memberikan konteks bagi pengguna. Mereka harus segera memahami apa yang akan mereka lihat di halaman web begitu mereka mengikuti link itu.

Memiliki kata kunci target Anda dalam teks jangkar link Anda lebih disukai, tetapi berhati-hatilah untuk tidak terlalu mengoptimalkannya hingga terdengar seperti robot atau spam.

Selain itu, teks jangkar bermerek (yang menyebutkan nama perusahaan Anda) tidak selalu lebih berharga daripada yang tidak bermerek.

Atribut link

Ada empat jenis atribut yang menjadi pertimbangan saat menentukan nilai link.

  1. Dofollow
  2. Nofollow
  3. UGC
  4. Sponsored

Backlink DoFollow umumnya “diikuti” oleh crawler mesin pencari. Ini berarti mereka meneruskan sebagian dari link juice.

Catatan: jika link tidak memiliki atribut “NoFollow” atau “Dofollow”, itu masih dianggap “Dofollow”.

link NoFollow, di sisi lain, tidak diikuti oleh perayap mesin pencari, jadi jangan berikan ekuitas link.

UGC dan tag sponsor digunakan untuk menandai konten yang dibuat pengguna dan yang disponsori. UGC dan link sponsor masih dapat meneruskan ekuitas link. Informasi ini disimpan dalam kode HTML halaman, sehingga tidak memengaruhi pengalaman pengguna sama sekali.

Untuk tujuan pembuatan link, backlink yang paling berharga, tentu saja, adalah link DoFollow karena mereka meneruskan sinyal peringkat.

Namun, profil backlink yang sehat berisi link DoFollow dan NoFollow. Untuk mengukur kinerja strategi pembuatan link Anda, Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk lalu lintas dan alat SEO lainnya, seperti Ahrefs untuk memantau profil link Anda.

Bagaimana Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi Pada Tahun 2022?

Sekarang ke bagian yang menyenangkan. Bagaimana Anda benar-benar mendapatkan link ini?

Sebagian besar taktik pembuatan link mengharuskan Anda untuk melakukan penjangkauan blogger sampai tingkat tertentu.

Ini melibatkan menemukan prospek, menyiapkan urutan email Anda, memperoleh informasi kontak yang benar, dan mempersonalisasi penawaran Anda.

Tetapi sebelum Anda benar-benar dapat mulai membangun baclink, Anda perlu membuat beberapa aset yang dapat ditautkan, yang akan kami jelaskan di bagian berikut.

Aset yang Dapat Ditautkan

Aset yang dapat ditautkan, atau magnet backlink, adalah konten yang secara alami menarik backlink.

Aset yang dapat ditautkan dapat berupa posting blog, infografis, video, studi kasus, dll. Jadi, pada dasarnya, konten apa pun yang memberikan banyak nilai bagi pembaca dapat menjadi magnet link.

Sendiri, mereka akan menghasilkan backlink secara organik, tetapi jangan berharap jumlah itu meningkat sangat cepat.

Perlakukan ini lebih sebagai prasyarat untuk benar-benar terjun ke dalam membangun backlink – dan backlink organik yang Anda dapatkan sebagai bonus yang bagus.

Teknik Skyscraper

Jika Anda pernah mendengar tentang pembuatan backlink, Anda mungkin pernah mendengar tentang teknik skyscraper yang dikembangkan backlinko. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun blog Anda dengan konten yang luar biasa, dan membuat banyak link di sepanjang jalan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan teknik Skyscraper:

Pilih kata kunci untuk fokus, sesuai dengan jumlah volume pencarian yang didapat dan kepadatan kata kuncinya.

Temukan konten yang bersaing untuk kata kunci Anda;

  • Apa itu konten pesaing backlink
  • Analisis artikel pesaing Anda;

Temukan cara di mana Anda dapat membuat konten serupa, tetapi lebih baik (lebih lama, dengan infografis atau video, diskusikan bagian dari topik yang terlewatkan atau hampir tidak disinggung oleh pesaing Anda);

Guest Post

Posting tamu telah ada selama konsep membangun link, dan hingga hari ini merupakan salah satu strategi membangun link yang paling banyak digunakan.

Ada tiga cara di mana Anda dapat menemukan peluang posting tamu:

  • Temukan situs web yang memiliki halaman “Tulis Untuk Kami”;
  • Promosikan situs web yang Anda suka tawarkan untuk menulis posting tamu untuk mereka meskipun mereka tidak memiliki halaman seperti itu;
  • Tawarkan posting tamu di akhir kolaborasi link yang sukses dengan prospek Anda dari strategi lain.

Sebagian besar situs web menerima guest post terlepas dari apakah mereka memiliki halaman “Tulis Untuk Kami” atau tidak. Kami sebenarnya tidak melakukan penjangkauan terpisah untuk mengamankan penempatan guest post – dan merekomendasikan opsi ketiga jika Anda sudah melakukan pembuatan backlink.

Terlepas dari pendekatan Anda, ada satu hal yang benar-benar harus Anda lakukan saat memasang posting tamu.

Pendekatan ini sangat dipersonalisasi, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan balasan positif sangat tinggi. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan menunjukkan kepada prospek Anda bahwa Anda benar-benar meluangkan waktu untuk melakukan riset kata kunci untuk situs web mereka, dan memberi mereka nilai nyata dengan menutup celah kata kunci mereka.

Pembuatan link benar-benar harus menjadi bagian dari strategi SEO Anda. Bahkan di tahun 2022, backlink berkualitas tinggi tetap menjadi salah satu faktor peringkat terbesar.

Jika sepertinya sulit untuk membangun backlink, jangan khawatir – kami dapat membantu Anda.

Jasa Backlink

Saat ini ada banyak sekali orang yang mencari layanan jasa backlink. Mereka ingin mempunyai banyak backlink tanpa perlu menghabiskan waktu dan tenaga.

Ini adalah solusi yang sangat masuk akal bagi mereka yang sibuk bekerja. Jadi biaya pemasangan backlink yang mereka bayarkan pun relatif lebih sedikit dari  penghasilan mereka dari mengurus usaha.

Biasanya layanan jasa backlink menawarkan backlink yang beragam jenisnya. Mulai dari forum, directory, blog comment, PBN, content placement, dan media.

Biasanya semakin mahal suatu backlink, maka akan semakin bereputasi dan semakin berotoritas pula website yang memberikan backlink tersebut.

Beberapa layanan jasa backlink ini memberikan konsultasi gratis jika anda mau mendaptkan gambaran kondisi website anda dan berapa banyak backlink yang anda perlukan untuk ranking.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *