papan tulis whiteboard 23
gaya hidup

Pelajari tentang jenis, bahan, dan cara merawat papan tulis

Papan tulis putih, juga dikenal sebagai whiteboard, telah populer sebagai barang yang harus dimiliki di kantor, kampus, studio, dan sekolah sejak tahun 1990-an, hampir 40 tahun setelah penemuannya oleh fotografer veteran Perang Korea, Martin Heet. Papan tulis dengan cepat mengambil alih popularitas papan tulis karena mudah dihapus dan ditulisi, dan ideal untuk orang yang alergi terhadap debu atau bubuk kapur.

Membeli papan tulis mungkin terlihat sepele, namun mengetahui jenis-jenis papan tulis dan cara merawatnya memang baik, apalagi jika ingin awet dalam jangka waktu yang lama.

papan tulis whiteboard 23

6 jenis bahan papan tulis whiteboard umum

Ciri khas papan tulis adalah permukaannya yang halus mengkilap (glossy), sehingga mudah untuk menulis. Namun, tidak semua papan tulis terbuat dari bahan yang sama. Setiap bahan memiliki sifat khusus yang menentukan bagaimana papan harus digunakan.

Ada enam jenis bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan permukaan papan tulis, yaitu:

Melamin

Melamin adalah salah satu bahan paling populer untuk membuat papan tulis. Permukaan melamin memiliki pori-pori yang besar, dan kualitasnya dapat bervariasi tergantung pada jumlah resin yang dicampurkan ke dalam bahan dasar. Papan melamin putih murah banyak tersedia dengan harga murah, tetapi papan berkualitas tinggi bisa jadi cukup mahal.

Aluminium atau baja

Aluminium atau baja berlapis menawarkan ketahanan yang sedikit lebih tinggi daripada melamin. Permukaannya lebih halus, pori-porinya sempit, dan memiliki beberapa bahan pelapis. Papan tulis juga bisa bersifat magnetis, sehingga bisa digunakan untuk tugas-tugas khusus di sekolah atau di tempat kerja. Papan tulis ini cocok untuk sering digunakan di lokasi dengan lalu lintas tinggi.

Laminasi lapisan keras

Laminasi lapisan keras hampir seperti melamin, tetapi permukaannya memiliki pori-pori yang lebih kecil dari papan melamin biasa. Panel laminasi hard-coat putih biasanya lebih jarang daripada melamin. Namun, permukaan papan ini memiliki daya tahan yang sedikit lebih lama dari melamin biasa.

Keramik

Papan tulis keramik atau porselen adalah beberapa yang lebih tahan lama, terutama karena lapisan keramik sering diaplikasikan pada permukaan baja untuk membuat papan tulis. Papan tulis dari bahan ini dapat ditempelkan pada magnet, dan dikenal sangat keras serta memiliki sifat anti gores. Papan ini memiliki permukaan yang halus dan nyaman untuk menulis.

Kaca tempered

Kaca temper sering digunakan sebagai bahan pembuatan papan tulis putih. Biasanya tanpa bingkai, panel ini keras tetapi mudah dibersihkan. Palet ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang diwarnai atau bahkan semi transparan, sehingga dapat digunakan dengan cara yang berbeda.

Lapisan polipropilena

Lapisan polypropylene adalah salah satu inovasi baru dalam industri papan tulis. Pelat yang terbuat dari bahan ini tahan gores dan nyaman digunakan untuk menulis dengan jenis spidol apa pun. Bahannya juga dapat dengan mudah didaur ulang.

Setelah mengetahui bahan-bahan umum untuk membuat papan tulis putih, Anda bisa mulai memikirkan jenis papan tulis apa yang akan dibeli tergantung kebutuhan.

Pertanyaan Seputar Perawatan Papan Tulis

Anda ingin membeli papan tulis yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Jadi jangan menyesalinya, pastikan untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan penting ini:

Seberapa sering Anda menggunakannya?
Saat menggunakan papan tulis, Anda terus-menerus menerapkan goresan spidol ke permukaan, serta menghapusnya. Seberapa sering Anda menggunakan papan tulis akan membantu Anda menentukan jenisnya, terutama jika Anda ingin tetap cerah dan menyenangkan untuk ditulisi dan dibersihkan.

Di mana Anda akan menggunakannya?
Papan tulis rumah atau kelas berbeda dengan papan tulis yang digunakan di kantor dan pabrik. Jenis dan bahan panel yang berbeda juga menentukan kualitasnya. Pastikan Anda memiliki anggaran yang lebih besar untuk membeli papan tulis yang cocok untuk medan “kasar” seperti pabrik dan kantor besar.

Ukuran berapa?
Papan tulis tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang cukup kecil untuk digantung di atas pintu, hingga yang sangat besar sehingga dapat digunakan sebagai papan skor untuk lapangan olahraga. Semakin lebar papan, semakin banyak modal yang Anda butuhkan untuk pemeliharaan. Pastikan untuk menyesuaikan ukuran papan dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana Anda akan menggunakannya?
Papan tulis adalah objek yang fleksibel, dan ada banyak cara untuk menggunakannya. Anda mungkin perlu menggantungnya di ruang kelas, menggantungnya di dinding, meletakkannya di taman bermain anak-anak atau ruang kelas, menggunakannya sebagai papan buletin, membingkainya, atau meletakkannya di permukaan khusus seperti loker dan meja. Pilih papan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *