Kenapa Sertifikat ISO Penting?

Kenapa Sertifikat ISO Penting?

Jika anda saat ini sedang merencanakan untuk membangun usaha yang bersaing dalam skala nasional atau bahkan internasional, maka mungkin anda akan mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikat ISO. Kenapa penting untuk mendapatkan sertifikat ISO ini?

Hal itu dikarenakan sertifikat ISO ini akan memberitahukan kepada market anda bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang memenuhi standar internasional.

Standar internasional yang dimaksudkan di sini adalah standar untuk jaminan mutu dan juga pengelolaan perusahaan. Anda bisa mendapatkan sertifikat ISO ini untuk produk ataupun jasa anda. Mungkin anda bertanya-tanya standard apa yang harus dipenuhi oleh perusahaan anda untuk mendapatkan sertifikat ISO ini. Anda bisa mengetahui standar apa saja yang dibutuhkan dengan menghubungi lembaga sertifikasi ISO.

Setiap produk atau jasa mempunyai standar tertentu yang harus dipenuhi. Dari untuk mengetahui apa saja yang perlu anda lakukan maka terlebih dahulu harus diadakan survei terhadap usaha anda. Jika anda ingin mendapatkan sertifikat ISO ini maka anda bisa menghubungi lembaga sertifikasi ISO. Lembaga ini akan memberitahukan kepada anda standar mutu, prosedur, kebijakan, dan pengelolaan perusahaan yang perlu anda lakukan.

Jikalau anda mengurus sertifikasi ini ini maka proses pengurusan nya akan terbagi menjadi dua bagian. Di tahapan yang pertama lembaga sertifikasi ISO akan melakukan dokumentasi terhadap penerapan prosedur prosedur dan standar kualitas di perusahaan anda. Setelah itu mereka akan memberitahukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan untuk. Lalu di tahap kedua mereka akan menilai bagaimana implementasi dari prosedur-prosedur yang sudah direkomendasikan.

Anda bisa lulus untuk mendapatkan sertifikasi ISO ini jikalau anda memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh lembaga sertifikasi. Tetapi anda juga bisa gagal jikalau mempunyai kesalahan di dalam penerapannya. Kesalahan ini terbagi dalam dua kelompok yaitu mayor dan minor. Kesalahan dianggap sebagai kesalahan minor jika lo hanya dalam bentuk inkonsistensi dalam penerapan prosedur. Sedangkan kesalahan mayor jikalau anda sama sekali tidak menjalankan prosedur tersebut.

Sertifikasi ISO ini harus anda perbarui setiap 3 tahun sekali. Pembaharuan ini diperlukan untuk memastikan setiap perusahaan selalu menjaga kualitas produk dan jasa mereka. Tentunya sertifikasi ini akan memakan biaya tetapi sertifikasi ini akan sangat diperlukan bagi anda yang ingin menjangkau market masyarakat dalam skala luas.

Adapun biaya yang diperlukan untuk melakukan sertifikasi ISO ini terbagi atas 2 biaya. Biaya yang pertama adalah biaya untuk audit survei. Sedangkan biaya yang kedua adalah biaya untuk audit sertifikasi. Setiap lembaga sertifikasi ISO bisa saja menerapkan harga yang berbeda tetapi pada umumnya harga-harga untuk mendapatkan sertifikat ISO ini tidak terlalu berbeda jauh antar lembaga sertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *