Mengajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Dengan Menempatkan Tempat Sampah Bersih

Mengajak Masyarakat Menjaga Kebersihan Dengan Menempatkan Tempat Sampah Bersih

Apabila kita mendengar kata tong sampah, tentu kita akan langsung terbayang dengan sebuah tempat yang kotor, bau dan penuh dengan lalat. Selain itu tong sampah di Indonesia sendiri identik dengan banyaknya sampah yang berserakan, dan tak terkumpul di dalamĀ tempat sampah stainless yang disediakan.

Tentunya hal inilah yang membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk membuang sampah, bahkan untuk mendekat pun mereka enggan karena baunya yang begitu menyengat.

Secara tidak langsung, tentu hal ini sudah tidak berada di jalur yang sebenarnya. Yang awalnya pemerintah menyediakantong sampah untuk menampung sampah dalam ukuran besar, namun sampah malah terbuang berserakan karena masyarakat enggan untuk membuang kedalamnya yang memiliki bau yang sangat tidak sedap.

Siapapun akan demotivasi ketika melihat kondisi tempat sampah yang kotor, dan hal itu tentu akan mengurangi kesadaraan masyarakat akan menjaga kebersihan.

Tentunya Negara Indonesia mau memperbaiki kondisi ini, dan biila harus mencontoh mungkin Australia akan tepat untuk dicontoh masalah kebersihan tong sampahnya.

Ketika anda menengok tong sampah yan ada di Australia, anda akan terkagum karena kebersihannya. Tak ada satupun hewan lalat yang berkeliaran di areanya, bahkan sampah pun tak nampak berserakan disekitarnya.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kesadaran masyarakatnya akan menjaga kebersihan, juga pihak pemerintah yang tegas dan perhatian dalam memberikan pelayanan pada masyarakatnya.

Dalam beberapa hari, tong sampah yang berada di depan rumah masyarakat akan diangkut oleh truk. Dari sanalah tong sampah akan tetap bersih dan tidak kumuh, kemudian mereka juga seorang informan polisi.

Pasalnya ketika ada orang yang iseng untuk mengambil tong sampah, mereka akan langsung menelefon polisi untuk diadili. Tentu orang-orang enggan untuk mencuri tong sampah, dan itulah kebiasaan masyarakat yang membuat Australias memiliki tong sampah yang berada dalam kondisi bersih.

Tong sampah yang berada di depan rumah masyarakat ini pun memiliki 3 jenis warna, mulai dari orange untuk sampah dapur, kemudian kuning untuk kardus, kertas atau botol dan tong sampah hijau untuk sampah yang berasal dari perkebunan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *