Pahala Membaca Al Quran – Apa Saja?

Pahala Membaca Al Quran – Apa Saja?

Al Quran adalah kitab suci terakhir yang Allah SWT turunkan kepada Manusia. Ia difirmankan Allah kepada Nabi Muhammad SAW pada 14 abad silam melalui malaikat Jibril.

Al Quran memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Didalamnya berisi petunjuk bagaimana kita harus hidup di dunia ini. Didalamnya juga terdapat kisah-kisah menakjubkan yang dapat kita ambil pelajarannya.

Tetapi tidak hanya itu, jangankan mengamalkannya, hanya membacanya saja Allah SWT akan memberi kita pahala berlipat ganda! Jadi jangan ragu lagi untuk mulai rutin membacanya.

Baca juga: Bacaan surat yasin tulisan arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap 83 ayat di www.surat-yasin.com. Sebuah website al quran, termasuk surat yasin didalamnya.

Pahala Membaca Al Quran

Lalu apa saja yang akan kita dapatkan dengan membaca al quran? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Satu huruf sama dengan dengan 1 kebaikan berlipat ganda

Ya, saya tidak salah menulis. Bukan satu kata atau satu kalimat, tapi satu huruf! Per satu huruf yang kita baca, maka Allah SWT akan memberi kita balasan kebaikan.

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Dengan jelas hadits diatas menerangkan bagaimana luar biasanya jika kita membaca al quran. Tidak hanya satu kebaikan saja, tapi dari 1 huruf mendapat 10 kebaikan. Begitu baik Allah SWT.

2. Dihapuskan Kesalahan

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114)

Bukankah membaca al quran adalah sebuah kebaikan?

3. Lebih sering membacanya, Lebih banyak pula pahala yang didapatkan

“Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

Baca juga: Download surat yasin mp3 dari berbagai qari dengan suara yang merdu.

Itulah beberapa pahala membaca al quran. 3 poin diatas hanya beberapa saja, masih banyak lagi yang bisa anda dapatkan dengan membaca al quran. Lebih lengkapnya anda dapat membaca pada link berikut ini: muslim.or.id/8669-keutamaan-membaca-al-quran.html

Sampai disini artikel tentang pahala membaca al quran. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jika berkenan, silahkan share artikel ini di media sosial. Wallahu a’lam bish shawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *