Tak Berkategori

PRESIDEN JOKOWI MENINJAU VAKSINASI COVID DI MALUKU

Presiden Joko “Jokowi” Widodo memantau vaksinasi massal Covid-19 di RS dr. Rumah Sakit Umum (RSUP) J. Leimena, Kota Ambon. Ia mengatakan lebih dari 100.000 orang telah menerima vaksin di Provinsi Maluku.

“Di Provinsi Maluku, 116.000 orang telah divaksinasi dan di Ambon saja ada 30.000 orang yang divaksinasi. Proses vaksinasi ini terus berlanjut, dan kami berharap selesai sesuai target,” kata Presiden dalam sambutannya.

Dalam program ini, vaksin diberikan kepada tokoh agama, guru dan tenaga kependidikan, serta petugas layanan masyarakat. Selain memantau vaksinasi massal, Presiden juga meresmikan RSUP pertama di kawasan Indonesia Timur.

“Ini adalah rumah sakit besar yang kami harapkan dapat melayani masyarakat di wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan groundbreaking rumah sakit tersebut dilakukan pada 2017. Ia juga berharap dr. Rumah Sakit Johannes Leimena dapat memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di wilayah timur.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja hari kedua di Kota Ambon, Maluku. Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden akan menuju Pelabuhan Yos Sudarso untuk meninjau pelabuhan yang melayani kapal barang dan penumpang. Kita bisa membaca informasi ini dari beberapa situs berita ambon yang membahas masalah COVID di Ambon hari ini.

Di lokasi yang sama, Presiden dijadwalkan memantau vaksinasi Covid-19 bagi pejabat publik atau pekerja di pelabuhan. Mereka yang akan divaksinasi antara lain pegawai BUMN PT Pelni, PT Pelindo, dan KSOP (Otoritas Pelabuhan).

Dia kemudian akan mengunjungi dr. Rumah Sakit Umum J. Leimena Kota Ambon untuk memantau vaksinasi bagi tokoh agama, pendidik, dan pekerja publik. Presiden juga akan meresmikan rumah sakit umum pusat pertama di kawasan Indonesia Timur.

Pemantauan program vaksinasi Covid-19 juga akan dilakukan di kediaman Raja Hitu di Kabupaten Maluku Tengah. Di Dermaga Huseka’a Hitu dekat kediamannya, ia akan berdialog dengan perwakilan kelompok nelayan, penjual ikan, dan pedagang pasar setempat.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Halmahera Utara, Maluku Utara untuk meninjau vaksinasi massal Covid-19. Vaksinasi tersebut dilakukan di Kantor Kecamatan Kao, salah satu daerah terpencil di Halmahera Utara.

Jokowi mengatakan kehadirannya di sana untuk memastikan penyebaran vaksin Covid-19 secara merata hingga ke pelosok.

“Mengapa saya datang ke kabupaten ini? Saya ingin memastikan bahwa vaksin itu merata di daerah-daerah terpencil, daerah yang sulit dijangkau,” kata Presiden dalam video yang diposting di saluran YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Seratus warga lanjut usia, pekerja dan pegawai negeri mengambil vaksin. Vaksinasi dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Kecamatan Kao yang berpenduduk sekitar 9.400 jiwa akan memulai vaksinasi dengan target 100 orang per hari.

Presiden Jokowi berharap daerah pedesaan terutama di daerah terpencil juga dapat mengadakan vaksinasi massal agar segera memutus mata rantai penularan Covid-19.

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi sejumlah menteri antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *